Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Kebutuhan akan energi listrik sangat penting untuk kehidupan kita. Kemajuan teknologi di era seperti sekarang ini memang tidak lepas dari energi listrik. Apalagi kebutuhan listrik pada rumah tangga. Tentunya kita butuh listrik untuk memenuhi kebutuhan rumahan seperti menghangatkan nasi, mencuci baju dengan mesin cuci, mendinginkan makanan dengan kulkas, pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin dan masih banyak lagi.

Anda merasa sudah menghemat penggunaan listrik di rumah, namun pada akhir bulan tagihan masih membengkak? Bisa jadi Anda belum 100% menghemat penggunaan listrik pada rumah Anda. Nah untuk itu, perhatikan tips berikut ini bagaimana cara menghemat listrik agar tagihan tidak membengkak.

 

  • Nyalakan seperlunya

 

Hal ini sering kali tanpa sengaja dilakukan oleh kita. Misal, Anda menyalakan televisi namun tidak ditonton, Anda malah melakukan aktivitas yang lain dan membiarkan televisi menyala. Atau untuk sebagian orang, menyalakan televisi agar suasana rumah tidak begitu sunyi melainkan ada suara-suara dari televisi. Nah, televisi yang terus menyala ini akan membuat pemakaian listrik Anda menjadi cukup besar. Solusinya yaitu dengan mematikan alat-alat yang mengandalkan daya listrik ketika Anda tidak menggunakannya. Dengan demikian, Anda bisa menghemat biaya listrik Anda.

 

  • Matikan lampu sesuai kondisi

 

Kebiasaan yang sering menjadi dampak buruk untuk tagihan listrik kita yaitu menyalakan lampu saat kita pergi, menyalakan lampu di siang hari serta menyalakan lampu saat kita tidur, baik itu di siang hari maupun malam hari. Untuk siang hari ada baiknya gunakan sinar matahari sebagai sumber penerangan pada rumah Anda. Jika rumah Anda terasa gelap di siang hari, cobalah untuk menggunakan atap yang transparan atau berikan jendela pada rumah Anda agar sinar matahari dapat masuk ke ruangan. Pada malam hari, bagi sebagian orang yang takut akan ruangan yang gelap ada baiknya menggunakan lampu tidur dengan watt yang lebih kecil. Menyalakan lampu utama selama delapan jam waktu tidur dapat membuat tagihan listrik Anda membengkak. Selain itu, kebiasaan yang sering dilakukan yaitu menyalakan lampu saat Anda pergi. Penggunaan lampu yang terus menerus tentu berdampak pada tagihan listrik Anda. Oleh karena itu, sebaiknya matikan lampu jika Anda bepergian.

 

  • Mencabut kabel yang tidak terpakai

 

Kebutuhan akan mengisi daya baterai ponsel pada gadget Anda sangat dibutuhkan. Namun, sering kali orang lupa mencabut kabel dari sakelar listrik. Tahukah Anda bahwa arus listrik akan tetap mengalir dalam kabel yang masih tersambung dengan sakelar. Hal ini dapat menyebabkan biaya penggunaan listrik tetap terhitung meskipun tidak ada gadget yang terisi daya. Kebiasaan ini masih sering kali dilakukan tanpa sengaja maupun tidak oleh kebanyakan orang. Sebaiknya cabut kabel dan peralatan dari sakelar jika tidak digunakan salah satunya mencabut kabel setelah selesai menggunakan.

 

  • Gunakan elektronik yang hemat daya

 

Penggunaan elektronik yang hemat daya juga berpengaruh terhadap tagihan listrik Anda. Seperti penggunaan lampu maupun AC yang ada di rumah yang menggunakan eco sistem. Selain hemat listrik, penggunaan daya seperti ini juga baik bagi lingkungan sekitar. Anda bisa melakukan perbandingan selama satu bulan dengan menggunakan barang elektronik yang hemat daya dan tidak. Apabila terjadi perbedaan yang cukup signifikan terhadap tagihan listrik Anda, maka ada baiknya mengganti AC, lampu dan barang elektronik lainnya dengan penggunaan daya listrik yang lebih rendah atau hemat daya. Dengan begitu Anda bisa menghemat pengeluaran tagihan listrik Anda.

 

  • Gunakan token listrik

 

Saat ini rumah minimalis rata-rata sudah menerapkan listrik prabayar atau listrik token. Anda tidak perlu lagi menunggu tagihan yang muncul setiap bulannya. Cara penggunaannya pun cukup mudah, sama seperti membeli pulsa isi ulang untuk gadget Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mengontrol pemakaian listrik bulanan karena Anda bisa memantau sejauh mana energi listrik yang digunakan langsung dari meteran listrik. Bila Anda menggunakan fasilitas mobile banking atau internet banking, tentu cara pengisian token listrik rumah Anda dapat mudah dilakukan.

Itulah beberapa tips bagaimana cara menghemat penggunaan listrik pada rumah Anda agar tagihan listrik tidak membengkak. Nah, jika Anda mengalami masalah yang berurusan dengan listrik. Ada baiknya segera hubungi jasa instalasi listrik rumah agar mereka pada membereskan masalah listrik rumah Anda. Semoga bermanfaat!

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *