9 Tips Agar Rumah Kayu Tetap Aman

Tinggal di rumah kayu tentu membuat penghuninya merasa nyaman dan betah. Rumah kayu akan menjadi tempat istirahat yang paling diinginkan. Namun, apa jadinya bila ada pencuri yang dapat masuk ke dalamnya? Tentu rumah kayu yang tadinya nyaman akan berubah menjadi tempat yang menyeramkan. Sebagai pemilik rumah kayu, kita harus memprioritaskan keamanan di dalam rumah. Lakukan 9 tips berikut ini agar rumah kayu tetap aman.

  • Menyiapkan Pintu dan Kunci yang Sesuai Standar

Sebagai akses untuk masuk ke dalam rumah, pintu rawan dibobol pencuri. Apalagi, pintu kayu pada umumnya juga rawan untuk dimasuki maling. Berbeda dengan pintu dari bahan material lain seperti besi.

Pintu yang menghubungkan bagian luar sebaiknya dilengkapi dengan kunci yang berkualitas tinggi. Misalnya seperti kunci grade 1 atau grade 2. Meskipun lebih mahal, biaya tersebut menjadi investasi untuk mencegah kerugian akibat pencurian. Kunci grade 1 dan grade 2 memiliki banyak kelebihan. Pencuri tidak dapat membobol kunci ini seperti kunci biasanya. Selain itu, kita juga dapat mengunci rumah hanya dengan menekan 1 tombol. Terdapat lubang kunci sehingga penghuninya dapat melihat keadaan di luar dengan jelas.

  • Jendela yang Terlindungi

Pada kebanyakan kasus, jendela menjadi tempat masuknya para pencuri. Mereka pada umumya akan merusak jendela untuk masuk ke rumah kita. Bila kita lupa mengunci pintu, tentu kesempatan mereka mencuri akan semakin besar. Oleh karena itu, gunakanlah teralis pada jendela. Agar lebih aman, tempatkan juga sistem pengaman jendela di rumah kayu kita. Sistem ini bekerja seperti alarm yang memperingatkan kita bila ada pencuri.

  • Pencahayaan di Bagian Luar Maupun Dalam

Pencahayaan rumah yang baik akan membuat keadaan rumah menjadi lebih aman. Berbeda dengan rumah yang kurang pencahayaan. Dalam hal ini, pencahayaan rumah terdiri atas bagian dalam dan bagian luar. Pencahayaan di bagian dalam rumah menunjukan penghuninya sedang ada di dalam. Sementara pencahayaan di luar rumah membuat penghuni mengawasi keadaan di sekitar rumahnya. Untuk rumah kayu, kita dapat menggunakan lampu cahaya sensor di beberapa ruangan. Hal ini membuat kita menghemat energi tanpa mengesampingkan keamanan rumah.

  • Sistem Alarm yang Terpercaya

Sistem alarm dibuat untuk mengingatkan penghuni rumah bila ada pencuri yang masuk. Oleh karena itu, rumah kayu juga harus dilengkapi sistem alarm seperti bangunan lainnya. Alarm ini dapat melindungi penghuni rumah dari ancaman penjahat. Sistem ini biasanya juga mudah dipasang dan mudah dioperasikan. Pemilik rumah juga tidak perlu menyiapkan banyak biaya tambahan untuk biaya perawatan alarm ini.

  • Brankas

Meskipun harganya tidak murah, brankas merupakan salah satu bentuk investasi. Pastikan kita memiliki brankas di rumah kayu kita untuk menyimpan barang-barang penting. Contohnya seperti dokumen serta perhiasan. Cara pemakaian brangkas juga tidaklah sulit. Kita kinggal mengatur password kemudian memasukkan barang-barang berharga ke dalamnya.

  • Mengecek Intslatasi Listrik

Keamanan di rumah kayu tidak hanya terbatas pada pencegahan pencurian saja. Karena berbahan dasar kayu, rumah kayu lebih mudah mengalami kebakaran. Untuk itu, kita selalu berhati-hati dan memastikan rumah kayu kita aman. Salah satu cara terbaik untuk memastikannya ialah dengan mengecek aliran listrik. Bila ada kesalahan atau kerusakan pada kabel listrik, segeralah menggantinya. Dengan begitu, kita akan terhindar dari bahaya kebakaran.

  • Tidak Menyembunyikan Barang Penting di Tempat Terbuka

Beberapa dari kita mungkin masih suka menyembunyikan kunci rumah di tempat terbuka. Misalnya seperti di bawah keset, pot tanaman, serta di sela-sela jendela. Padahal, pencuri yang handal akan dengan mudah menyadari tempat-tempat ini. Oleh sebab itu, sebaiknya kita menyiapkan tempat khusus yang hanya diketahui keluarga. Misalnya dengan menyimpannya di bawah tanah. Pangkas juga semak-semak yang tinggi agar pencuri tidak dapat bersembunyi di sana.

  • Rencana Bepergian

Bila memiliki rencana bepergian, kita harus membuat rumah kayu tetap terlihat berpenghuni. Salah satunya ialah menunda langganan koran. Bila tidak ada koran yang menumpuk, pencuri akan berasumsi bahwa kita ada di dalam rumah.

  • Mengenal Tetangga di Sebelah Rumah

Salah satu cara terbaik untuk menghindari pencurian ialah berhubungan baik dengan tetangga. Bila kita pergi, tetangga dapat membantu kita mengawasi rumah. Mereka akan melaporkan bila ada sesuatu yang mencurigakan rumah kayu kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *