4 Tips Memilih Karpet Lantai yang Tepat Sesuai Ruangan Dalam Rumah

Karpet merupakan salah satu unsur penting dalam rumah. Beberapa jenis ruangan dalam rumah sangat tepat jika dipasang karpet. Namun agar sesuai dengan ruangan, sebaiknya Anda memilih tekstur yang tepat. Kali ini kami berbagi tips memilih karpet lantai untuk ruangan di rumah Anda. Perhatikan 4 hal berikut ini

  • Pilih Karpet Lantai Dengan Tekstur yang Tepat

Tips memilih karpet lantai paling awal adalah dengan memperhatikan pilihan tekstur karpet lantai yang tepat. Beberapa bagian rumah Anda berikut ini perlu mendapat karpet lantai yang tepat. Yaitu:

  • Ruang Tamu

Karpet untuk ruang tamu disarankan dari jenis yang berbulu pendek namun padat. Pilih saja motif yang sesuai dengan interior ruang tamu. Keunggulan karpet berbulu pendek adalah mudah dibersihkan. Ini tepat sekali karena ruang tamu merupakan bagian pertama yang dipakai menyambut relasi atau keluarga yang berkunjung ke rumah Anda. Jika mudah dibersihkan, maka sewaktu-waktu ada tamu, karpet lantai Anda selalu nampak rajin dan bersih.

  • Kamar Tidur

Untuk kamar tidur pilihlah karpet dengan bulu panjang dan tebal. Utamakan yang memiliki bulu lembut dan nyaman. Apalagi untuk kamar anak-anak, karpet dengan motif lucu layak Anda pertimbangkan. Untuk karpet kamar tidur anak, saat ini semakin banyak karpet model baru yang indah dan lucu-lucu. Pastinya anak Anda akan betah bermain di lantai kamarnya.

  • Ruang Keluarga

Beralih ke ruang keluarga yang merupakan tempat berkumpul. Karpet yang cocok untuk ruang keluarga adalah karpet dengan bulu lembut dan lebat. Karpet model ini terasa hangat dan nyaman, sehingga acara kumpul-kumpul dengan keluarga menjadi semakin seru.

  • Ruang Makan

Ruang makan merupakan bagian rumah yang mudah terkena kotoran, baik dari ceceran makanan maupun tumpahan kuah. Kursinya juga sering digeser-geser. Sehingga jika Anda memasang karpet di ruang makan, harus siap-siap rutin mengepel ataupun mencucinya. Karena itu, untuk ruang makan pilihlah karpet yang tidak berbulu dan luasnya mencukupi semua bagian kursi dan meja.

  • Pilih Motif Karpet yang Sesuai dengan Desain Interior Ruangan

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih karpet lantai adalah menyesuaikan motifnya dengan desain ruangan rumah Anda. Pilih saja karpet yang motifnya tidak terlalu ramai, agar tidak merusak pemandangan rumah Anda. Pemilihan warna juga perlu diperhatikan. Untuk ruang makan sebaiknya jangan menggunakan karpet berwarna terang karena mudah terlihat kotor.

  • Letakkan Karpet Lantai yang Sesuai Dengan Ruangannya

Peletakan karpet juga harus mendapat perhatian cermat. Sesuaikan dengan lokasi peletakan dan tema ruangannya. Kalau di kamar tidur sebaiknya karpetnya berbentuk persegi panjang. Untuk ruang makan, pasanglah karpet yang luasnya menjangkau semua kursi dan meja. Sedangkan untuk ruang tamu Anda bisa memasang karpet lantai yang menjangkau sofa hingga bagian belakang.

  • Pilih Karpet Dengan Jenis Bahan Sesuai Kebutuhan

Karpet lantai yang beredar di pasaran memiliki ragam jenis bahan. Yang harus diperhatikan, pilihlah karpet lantai dengan bahan yang aman untuk anggota keluarga. Karena itu perlu juga Anda tahu karakter masing-masing bahan karpet lantai. Misalnya karpet berbahan wol lebih mudah dibersihkan dari debu, sehingga aman untuk anggota keluarga yang mengidap asma. Sedangkan karpet berbahan polypropylene lebih cocok dipakai di ruangan yang rawan noda.

Itulah beberapa tips memilih karpet lantai untuk ruangan di rumah Anda. Dengan karpet lantai yang tepat, maka suasana di rumah Anda akan semakin nyaman. Selamat berbelanja karpet.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *